Tuesday, 28 October 2014

Pengertian Dan Jenis Mobilitas Sosial

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan mobilitas sosial?, Mobilitas sosial menurut beberapa orang ahli diantaranya Hartini dan G. Karta Sapoetra mengartikan bahwa mobilis adalah pihak-pihak atau sejumlah orang yang bergerak secara sosial. Sedangkan untuk pengertian sosial menurut mereka, sosial adalah melibatkan kelompok atau individu masyarakat. Sedangkan Amminudin Ram mengatakan bahwa Mobilitas sosial adalah sebagai suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya. Menurut pendapat Soerjono Soekanto mengatakan bahwa gerak sosial atau sosial mobility merupakan suatu gerak dalam stuktur sosial yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi kelompok sosial.

Jadi, berdasarkan teori-teori diatas dapat disimpulkan bahwa mobilitas sosila itu adalah sutau perpindahan dari struktur sosial ke stuktur sosial lainnya. Perpindahan ini dapat mengakibatkan naik dan turunnya kondisi sosial seseorang atau sekelompok orang.

Pengertian Dan Jenis Mobilitas Sosial

Jenis-Jenis Mobilitas Sosial

1. Mobilitas sosial vertikal
Status sosial dari setiap orang atau sekelompok orang pasti berbeda-beda. Ada yang berubah dan ada yang tidak beerubah. Kalau yang berubah, ada yang berubah naik dan ada pula yang berubah menurun. Mobilitas sosial yang mengakibatkan naik dan turunya status sosial seseorang atau sekelompok orang ini lah yang disebut dengan mobilitas vertikal. Contoh mobilitas vertikal yang menunjukan perubahan naik yaitu misalnya seseorang yang semula hanya seorang satpam kemudian jadi DPRD. Sedangkan contoh untuk mobilitas vertikal turun yaitu misalnya seorang kepala dinas, pindah menjadistaf di propinsi terpencil.

2. Mobilitas sosial horizontal
Mobilitas horizontal adalah perpindahan yang tidak mengakibatkan berubahnya status seseorang. Misalnya sebelumnya ia seorang dokter dan pindah ketempat lain tetap saja menjadi dokter