Wednesday, 14 February 2018

Cara Mudah Mengatasi Kesulitan Memasang Tabung Gas Elpiji

Cara mengatasi Susahnya memasang tabung gas elpiji - Saat memasang tabung gas elpiji seringkali ada berbagai masalah yang selalu membuat kita jenuh, kompor gas seharusnya bisa langsung menyala apabila sudah di ganti dengan tabung yang baru isi ulang gas, tapi ternyata tak semudah yang dibayangkan dan biasanya kerap tidak langsung menyala dengan semestinya. Apakah karena saat memasang tabung gas terjadi kebocoran?

Ok.. dari berbagai masalah yang kerap dialami oleh berbagai masyarakat, ada beberapa cara serta tips untuk mengatasi kesulitan ketika memasang tabung gas elpiji.

Pertama-tama ada beberapa hal yang wajib di perhatikan dari perangkat kompor gas kita:
1. Cek dan pastikan regulator dilengkapi pressure gauge atau  biasa disebut mano meter
2. Pastikan selang yang terhubung dari tabung gas ke kompor tidak berlubang yang biasanya tandanya selang pecah-pecah, alangkah baiknya selang dilindungi dengan selang logam
3. Dan pastikan klem selang dapat mengikat dengan kencang dan aman.

Selanjutnya akan kita bahas bagaimana cara mengatasi dan memasang regulator pada tabung gas yang bermasalah.

Masalah yang seringkali terjadi:
1. Gas bocor dari leher tabung gas
2. Tekanan di pressur gauge atau mano meter kembali ke titik 0
3. Gas tidak dapat keluar meski tekanan di  pressure gauge atau mano meter tertera penuh

Cara Mudah Mengatasi Kesulitan Memasang Tabung Gas Elpiji
Cara Mudah Mengatasi Kesulitan Memasang Tabung Gas Elpiji

Coba kita ulas satu persatu

1. GAS TERJADI BOCOR DI LEHER TABUNG GAS

Gas bocor saat regulator terpasang pada tabung, itu di sebabkan karena karet seal yang berada di dalam tabung kemungkinan longgar dan tidak kencang itu terjadi karena berkali kali di pakai.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat menghadapi masalah ini.
silahkan keluarkan karet seal dari tabung lalu coba pasang kembali dengan dibalik seal tersebut yang asal nya berada di bagian dalam menjadi berada di bagian luar lalu pasang regulator. karena karet seal mempunyai sisi yang sama. Apabila cara pertama masih bocor lakuakan lah dengan cara yang kedua yaitu keluarkan karet dari dalam leher tabung gas, lalu carilah karet gelang. potong sepanjang lingkaran seal tabung yang kita keluarkan tadi, lalu setelah karet di potong masukan kedalam leher tabung dengan  posisi melingkar di dinding dalam leher tabung , lalu masukan kembali seal tabung sehingga seal posisinya agak naik karena terganjal oleh karet yang kita masukan tadi. setelah seal terpasang rapi pasang kembali regulator.

Cara Mudah Mengatasi Kesulitan Memasang Tabung Gas Elpiji - leher gas bocor
Cara Mudah Mengatasi Kesulitan Memasang Tabung Gas Elpiji - leher gas bocor


2.  TEKANAN DI PRESSURE GAUGE/MANO METER KEMBALI KE TITK 0

ketika mengganti tabung yang sudah di isi ulang, terkadang kita tidak ada masalah dengan kebocoran, tekanan di pressure gauge-pun menunjukan posisi penuh. tetapi ketika kita menyalakan kompor, kompor tidak menyala dan ketika di cek di pressure gauge atau mano meter jarum penunjuk tekanan kembali ke 0. Masalah ini terjadi karena plunger yang berada di dalam regulator yang pungsinya intuk mendorong pentil tabung, kurang maksimal tekanannya dengan kata lain tidak sampai membuka pentil tabung dengan maksimal. hanya menekan sesat saja ketika kita menutar hendel pengait regulator. masalah ini kita atasi dengan cara mengganjal antara plunger dan pentil tabung caranya sbagai berikut.
Siapkan tang pemotong, palu, dan paku tripek. paku triplek di potong dengan tang pemotong bagian kepalanya, setelah di potong lalu tipiskan kepala paku tadi dengan palu dengan cara di pukul pukul diatas batu atau logam yang keras, setelah agak tipis dan permukaan kepala paku tadi sudah rapi , masukan kedalam lubag leher tabung dengan posisi datar. lalu pasang regulator
catatan: diameter kepala paku jangan terlalu besar dan juga tidak terlalu tebal.

3. GAS TIDAK BISA KELUAR WALAUPUN TEKANAN DIPRESSURE GAUGE ATAU MANO METER SUDAH PENUH

Nah, untuk pembahasan sesi ini ada kalanya ketika kita memasang regulator epiji mengalami kendala gas tidak keluar pada kompor walaupun tekanan di jarum pressure gauge / mano meter terlihat penuh, kadang kita menyangka regulator yang kita punya sudah rusak, lalu kita mengambil keputusan untuk mengganti dengan regulator baru. ini sebetulnya keputusan yang kurang tepat.
Karena  ketika kita memasang regulator dan gas tidak keluar padahal tekanannya penuh, ini menujukan regulator yang kita punya dari segi keamanannya masih berfungsi. sebab regulator itu menutup otomatis kegunaannya adalah apabila ada kebocoran pada selang yang di sebabkan karena selang di gigit tikus atau selang pecah karena hal yang lain seperti tertiban benda keras, maka regulator itu akan menutup secara otomatis sehingga gas tidak terus keluar. karena sifat dari gas yang keluar dari tabung melalui regulator sifatnya harus konstan atau stabil, nah apabila terjadi hentakan tekanan maka valve yang berada di regulator akan menutup. Regulator menutup otomatis ini biasanya terjadi apabila kita memsang regulator baru atau kompor dan selang  baru  atau juga kompor yang sudah lama kosong elpijinya sehingga rongga di selang menuju kompor sudah tidak ada lagi kandungan gasnya.
apabila ada masalah seperti ini cukup buka regulator dan goyangkan atau pukul-pukulkan regulator ke telapak tangan dan pasang kembali regulatornya, dan ulangi lagi apabila masih belum menyala sampai kompor menyala.

Demikian tips cara mengatasi sulitnya memasang tabung gas elpiji, dan semoga bermanfaat.